Begini caranya agar anak terbiasa memakai masker saat di luar rumah


PLUSBERITA.COM –  Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Selain membatasi aktivitas di luar, memakai masker bisa mencegah penularan Covid-19. Masker yang digunakan juga disarankan masker medis atau masker kain yang cukup tebal. 

Meskipun wajib digunakan, namun ada ketentuan tertentu dimana anak-anak tidak perlu memakai masker.Dikutip dari laman resmi WHO, anak-anak di bawah 5 tahun tidak wajib menggunakan masker. 

Kapasitas anak yang belum mampu memakai masker dengan benar menjadi pertimbangan menggunakan masker yang justru membahayakan keselamatan anak.

Jika memang dirasa perlu, orang dewasa harus mengawasi anak yang memakai masker. Peran orang dewasa disini memastikan masker terpakai dengan baik dan benar. 

Masker disaran digunakan untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Untuk anak usia 6-11 tahun perlu adanya bimbingan agar anak terbiasa menggunakan masker.

Berikut 5 cara agar anak terbiasa memakai masker dihimpun dari UnityPoint Helath dan Kids Health

  • Menjelaskan alasan memakai masker

Memakai masker setiap kali keluar rumah memang tidak nyaman. Buah hati menjadi tidak bebas bernafas dan panas. 

Tidak jarang mereka menolak bahkan marah jika diminta memakai masker. Agar mereka mau memaki masker, berikan alasan yang tepat mengapa harus memakai masker jika keluar rumah. 

Anda bisa memulainya dengan menjelaskan virus corona dengan sederhana. Di lanjut dengan manfaat menggunakan masker agar tidak tertular virus Covid-19.

Berikan penjelasan yang ringan dan sederhana. Ada baiknya jika Anda menggunakan media permainan atau video yang lucu. 

Baca Juga: Mengenal gangguan belajar disleksia pada anak, dari penyebab hingga ciri-cirinya

Suatu hal bisa menjadi kebiasaan jika terus dilakukan terus-menerus, begitu juga dengan memakai masker. 

Tetap konsisten dengan memakaikan masker tiap kali anak keluar rumah. Selalu ingatkan buah hati jika mereka lupa memakai masker saat bermain di luar. 

Anda juga harus konsisten memakai masker agar menjadi contoh bagi buah hati. Mereka dengan sendirinya terbiasa jika terus memakai dan mencontoh orang lain memakai masker. 

  • Berlatih memakai masker di rumah

Anda juga bisa melatih buah hati selama di rumah. Saat bermain, pakaikan masker pada boneka anak. 

Jangan lupa Anda dan anak juga memakai masker selama bermain untuk memunculkan kebiasaan. Jelaskan juga alasan kenapa kita harus selalu memakai masker terutama di luar rumah. 

Latihan ini tidak perlu seharian penuh. Anak cukup berlatih memakai masker beberapa jam tiap harinya. 

Baca Juga: 5 Makanan ini baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak

Ajar anak untuk mendekorasi masker mereka sesuai yang diinginkan. Ajak buah hati untuk mendekorasi masker miliknya. 

Belilah masker kain polos sesuai dengan ukuran anak. Saat akhir pekan, ajak buah hati untuk menghias masker polos mereka. 

Siapkan cat akrilik atau manik-manik untuk menghias masker. Anda juga bisa menggunakan stiker khusus kain untuk menghias masker. 

Biarkan anak mendesain sendiri corak masker yang mereka inginkan. 

Pilih dan beli masker sesuai ukuran buah hati. Jangan sampai Anda memilih ukuran yang terlalu besar atau kecil.

Masker yang terlalu besar rawan longgar dan mudah lepas. Jika terlalu kecil, anak jadi tidak nyaman saat memakai masker. 

Pilih juga desain masker sesuai dengan kesukaan anak. Cara ini bisa membuat anak senang saat memakai masker kesukaannya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *