Penyebab dan pencegahan kanker mulut ini perlu Anda ketahui


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang bisa terjadi di seluruh bagian rongga mulut. Mulai dari bibir, gusi, area lidah, dan dinding mulut. Supaya bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat, Anda perlu mengenali gejala, penyebab, dan cara mencegahnya.

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), kanker mulut ditandai oleh beberapa gejala. Mulai dari sariawan yang tidak kunjung sembuh, muncul benjolan dalam mulut, mulut dan telinga terasa sakit, hingga kesulitan untuk berbicara dan menelan.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala itu. Apalagi jika masalah kesehatan mulut itu tidak hilang dalam waktu dua minggu. Nantinya, dokter akan mendiagnosa kondisi Anda sesuai dengan gejala yang muncul.

Penyebab Kanker Mulut

Kanker mulut terjadi saat DNA sel dalam mulut bermutasi. Seiring berjalannya waktu, jumlah sel abnormal dalam mulut Anda membentuk tumor yang bisa menyebar. Tidak hanya di mulut, penyebaran sel juga bisa menuju bagian leher, kepala, atau bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: 6 Manfaat taoge untuk kesehatan: merawat kulit sampai antikanker

Mayo Clinic menyebutkan bahwa sampai saat ini, belum bisa ditentukan apa yang menyebabkan DNA sel bermutasi. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu hal tersebut. Mulai dari mengunyah tembakau atau merokok, mengonsumsi alkohol berlebih, terlalu banyak terpapar sinar matahari, atau sistem imun tubuh lemah.

Cara Mencegah Kanker Mulut

Supaya Anda tidak mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai langkah pencegahan. Pertama, hindari mengunyah tembakau atau merokok. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat memicu pertumbuhan sel abnormal.

Baca Juga: 5 Gejala leukimia yang bisa Anda alami, waspada!

Kedua, hindari konsumsi alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan sel-sel dalam mulut lebih rentan terluka dan bermutasi. Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi alkohol, usahakan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Ketiga, hindari paparan sinar matahari berlebih. Jika Anda ingin melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan untuk memakai pelindung, seperti topi, kacamata hitam, atau penutup yang lain. Tak hanya itu, usahakan untuk memakai sunscree atau produk lain yang mampu melindungi kulit secara maksimal.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *