Sebelum suntik vaksin Covid-19, lakukan hal-hal berikut demi pembentukan antibodi


PLUSBERITA.COM – Jakarta. Vaksin Covid-19 untuk mencegah infeksi virus corona masih gencar diberikan ke masyarakat Indonesia. Untuk Anda yang akan menjalani vaksin Covid-19, tidak perlu membuat persiapan khusus. Yang penting, lakukan hal-hal ini sebelum vaksin Covid-19.

Dr. Neha Vyas, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir tentang vaksin Covid-19 ini. Yang perlu kita lakukan adalah menghindari hal-hal yang dilarang sebelum vaksin Covid-19 karena bisa saja menganggu efektivitas vaksinasi tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum vaksin Covid-19

  • Menunda jadwal dermal filler

Ada baiknya kamu menunda jadwal dermal filler atau perawatan kecantikan lain. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada wajah, yang pernah terjadi pada beberapa orang selama uji coba fase tiga vaksin Moderna.

  • Jadwal ulang mammogram (pemeriksaan payudara)

Penemuan terbaru lainnya adalah vaksin Pfizer dan Moderna COVID-19 dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, terutama di sisi tempat suntikan diberikan.

Pembengkakan ini telah disalah artikan sebagai benjolan payudara. Karenanya, jadwalkan ulang pemeriksaan mamografi hingga empat minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin.

  • Tidak mengonsumsi obat anti-inflamasi

Ada baiknya tidak mengonsumsi obat anti-inflamasi atau obat pereda nyeri sejenisnya sebelum divaksinasi karena dikhawatirkan dapat mengurangi respon imun terhadap vaksin. “Ini juga berlaku untuk banyak vaksin lainnya. Kamu dapat mengonsumsi pereda nyeri setelah divaksinasi dan terhidrasi semaumu. Tapi jangan meminum obat anti-inflamasi sebelum divaksinasi,” jelas Vyas.

Baca juga: Jokowi pastikan distribusi vaksin Covid-19 merata di seluruh Indonesia



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *