Air rebusan rambut jagung efektif menurunkan kolesterol


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Rambut jagung bukanlah limbah. Rambut jagung bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi secara rutin. 

Kolesterol merupakan salah satu unsur yang penting untuk proses metabolisme. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi bisa memicu masalah kesehatan . 

Baca Juga: Kaya flavonoid, daun sambung nyawa bermanfaat menurunkan kolesterol

Asal tahu saja, kolesterol tinggi membuat tumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah. Tumpukan lemak tersebut bisa menyumbat aliran darah di dalam tubuh. Hal itu bisa memicu munculnya penyakit jantung dan stroke. 
 
Melansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, kolesterol tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor yakni

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi seperti kuning telur, otak, jeroan, margarin, cumi-cumi, dan santan. 
  • Obesitas 
  • Kurang olahraga
  • Stres
  • Merokok 

Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan beberapa cara yakni olahraga teratur, makan makanan mengandung serat tinggi, menjaga berat badan, hindari merokok, dan stres. 

Namun, jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya segera merubah pola hidup. 

Umumnya, para penderita kolesterol tinggi mengonsumsi obat kimia untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, bisa mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol.  

Rambut jagung ampuh menurunkan kolesterol 

Rambut jagung bukanlah limbah. Asal tahu saja, rambut jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya menurunkan kolesterol. 

Melansir buku berjudul Ramuan Herbal Penurun Kolesterol, rambut jagung mengandung potasium, nitrat, stigmasterol, betha-sitosterol, alpha-tocopherylquinone, vitamin K, dan volatile alkaloid. 

Rambut jagung memiliki rasa yang manis. Tidak hanya itu, rambut jagung memiliki efek farmakologi diuretik, menghilangkan panas, dan menurunkan kolesterol. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan 50 gram – 150 gram rambut jagung. Anda cuci lalu rebusa rambut jagung sampai mendidih. 

Setelah itu Anda saring dan minum segera setelah dingin. 

Anda sebaiknya minum air rebusan rambut jagung secara rutin. 

Baca Juga: Minum air seduhan jeruk lemon bisa menurunkan kolesterol tinggi

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *