Sering diremehkan, ternyata 3 gejala ini adalah tanda-tanda penyakit batu ginjal


PLUSBERITA.COM – Jakarta. Gejala batu ginjal bisa dideteksi sejak dini agar lebih mudah pengobatannya. Namun, banyak orang mengacuhkan gejala batu ginjal tersebut karena mirip penyakit lain.

Batu ginjal adalah endapan keras menyerupai batu yang terbentuk dari mineral dan garam di dalam ginjal. Endapan ini dapat bervariasi dalam ukuran, yakni beberapa bisa kecil seperti sebutir pasir, sementara lainnya bisa sebesar batu kerikil.

Melansir WebMD, ukuran batu ginjal ini tidak selalu sesuai dengan tingkat keparahan gejala yang mungkin dialami penderitannya.

Batu ginjal kecil dapat melewati saluran kemih tanpa menyebabkan gejala. Namun, batu-batu yang lebih besar dapat terjebak dalam saluran kemih. Ini biasanya titik di mana seseorang akan mengalami tanda atau gejala awal batu ginjal.

Gejala awal batu ginjal

Batu ginjal bisa terjadi di sepanjang saluran kemih mulai dari ginjal, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih, hingga uretra (saluran yang membawa urine ke luar tubuh).

Merangkum Medical News Today, batu-batu ginjal kecil cenderung terjebak di ginjal atau bagian lain dari seluran kemih. Gejala ringan hingga sedang dapat terjadi selama batu ginjal kecil melewati saluran kemih, meski banyak orang bisa juga tak merasakan sakit.

Baca juga: 3 Bahan alami yang efektif mengobati batu ginjal

Sementara, gejala batu ginjal yang lebih besar bisa menyebabkan rasa sakit, perdarahan, peradangan, atau infeksi. Namun, gejala-gejala batu ginjal ini biasanya tidak berkembang sampai batu sudah mulai bergerak melalui saluran kemih.

Di bawah ini adalah beberapa tanda atau gejala awal yang mungkin mengindikasikan batu ginjal bergerak melalui saluran kemih:

1. Tekanan atau rasa sakit di punggung bawah

Dalam beberapa kasus, batu mungkin terjebak dalam ureter. Ureter adalah saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih. Sumbatan di sini bisa menyebabkan urine terperangkap di ginjal, menghasilkan tekanan dan sensasi nyeri di punggung bawah.

Gejala-gejala batu ginjal ini dapat terjadi di sisi kiri atau kanan, tergantung pada ginjal mana yang terpengaruh. Menurut Universitas Chicago, rasa sakit atau tekanan biasanya merupakan tanda-tanda awal atau gejala dari batu ginjal.

Dalam beberapa kasus, gejalanya mungkin sangat ringan dan berkembang secara perlahan. Dalam kasus lain, rasa sakit dan tekanan mungkin datang tiba-tiba, tanpa tanda-tanda peringatan dini.

Rasa sakit ini bisa parah dan dapat menyebabkan mual, muntah, atau keduanya. Orang-orang sering mengalami rasa sakit yang tajam dan menusuk, dan langkah-langkah umum seperti istirahat atau berbaring tidak membebaskannya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *