4 Cara membersihkan telinga dengan bahan-bahan alami


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Kotoran telinga yang menumpuk berpengaruh pada pendengaran dan keseimbangan tubuh Anda. Maka dari itu, cara membersihkan telinga perlu segera Anda lakukan supaya rasa sakit dan tidak nyaman bisa hilang.

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), ada banyak faktor penyebab telinga tersumbat. Mulai dari produksi kotoran telinga berlebih, infeksi virus atau bakteri, benda asing masuk ke telinga, dan lain sebagainya. Beberapa faktor tersebut ditandai dengan gejala yang lain.

Misalnya, telinga terasa sakit, muncul suara berdenging, batuk, pusing, dan kemampuan mendengar turun. Supaya kondisi itu tak Anda alami dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

Kompres Hangat

Cara membersihkan telinga yang pertama adalah dengan memakai kompres hangat. Uap panas yang keluar dari kompres akan melunakkan kotoran telinga sehingga kotoran lebih mudah untuk dikeluarkan. Kompres telinga selama minimal lima menit. Ulangi cara itu dua hingga tiga kali sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Catat, ini waktu yang tepat untuk tindik telinga bayi perempuan ya Moms

Tea Tree Oil

Pakai tea tree oil untuk membersihkan kotoran telinga. Jenis minyak itu mengandung antiinflamasi dan antimikroba sehingga mencegah terjadinya infeksi, baik dari virus, bakteri, atau jenis kuman yang lain. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campur empat hingga lima tetes tea tree oil dalam air hangat yang sudah Anda letakkan dalam sebuah wadah. Setelah itu, arahkan telinga yang bermasalah menghadap wadah tersebut selama 10 menit. Anda bisa menutup kepala dengan handuk atau kain lebar supaya uap masuk ke telinga secara maksimal.

Air Garam

Selain karena penumpukan kotoran, telinga juga bisa bermasalah saat Anda menderita flu. Stylecraze merekomendasikan Anda untuk berkumur dengan larutan garam supaya kondisi telinga Anda tetap terjaga dan tidak terasa seperti tersumbat.

Caranya, campur 1 sdt garam ke dalam satu gelas air hangat. Selanjutnya, gunakan larutan itu untuk berkumur. Anda bisa melakukan langkah tersebut sebanyak beberapa kali dalam satu hari hingga telinga tak lagi terasa tersumbat.

Baca Juga: 4 Pilihan pembersih telinga ini efektif dan mudah dicoba

Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah dipakai sebagai cara membersihkan telinga.

Jika Anda mencari cara membersihkan telinga, tidak ada salahnya untuk memilih cuka apel. Antimikroba dan kandungan lain yang terdapat dalam cuka apel mampu membersihkan kotoran dan mencegah terjadinya infeksi.

Anda perlu mencampur 1 sdm cuka apel dengan 1 sdm air terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan alat tetes untuk memasukkan tiga hingga empat tetes campuran itu ke telinga. Selanjutnya, tutup telinga dengan kapas dan tetap miringkan kepala selama lima menit.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *