5 Bahan alami yang bisa dijadikan obat pelancar haid


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam kurun waktu 28 hari. Namun, sebagian orang tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu itu. Jika jadwal menstruasi Anda sering terlambat, ada beberapa bahan alami yang berguna sebagai obat pelancar haid.

Menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari penyakit yang sedang Anda derita, obat-obat tertentu yang sedang Anda konsumsi, perubahan berat badan dan aktivitas sehari-hari, hingga stres yang tak terkelola dengan baik.

Supaya menstruasi lancar, cobalah untuk menghindari penyebab-penyebab itu. Bahkan jike perlu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Supaya saran yang diberikan dokter lebih efektif, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.

Delima

Mengutip dari Nykaa (nykaa.com), delima bisa melancarkan menstruasi dengan cara menstimulasi fase siklus haid. Anda bisa mengonsumsi delima secara langsung atau mencampurnya dengan bahan bergizi yang lain, seperti oatmeal. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin sampai siklus haid terjadi.

Baca Juga: Catat! Ini 7 penyebab keputihan pada perempuan

Jahe

Jahe termasuk salah satu obat pelancar haid yang bisa Anda coba. Tak hanya itu, kandungan dalam jenis rempah itu juga berguna untuk meringankan kram perut yang biasa Anda alami saat menstruasi. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sdm ekstrak jahe yang dicampur dengan setetes madu tiap malam.

Kayu Manis

Tak hanya terasa lezat, kayu manis juga bisa meningkatkan suhu tubuh. Artinya, efek kayu manis itu mampu mempercepat siklus menstruasi. Setiap pagi, usahakan untuk mengonsumsi segelas susu atau segelas teh yang telah diberi kayu manis.

Wortel

Mengonsumsi wortel secara rutin bisa jadi obat pelancar haid.

Nykaa menyebutkan bahwa wortel bisa melancarkan siklus haid Anda. Senyawa bioaktif dan beta karoten dalam jenis sayur itu mampu meningkatkan peluruhan dinding rahim sehingga menstruasi pun terjadi. Anda bisa mengonsumsi wortel dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi jus wortel.

Baca Juga: Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi

Pepaya

Jika Anda mencari obat pelancar haid dari bahan alami, pepaya bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Jenis buah ini mampu meningkatkan produksi estrogen dan menstimulasi kontraksi sehingga menstruasi pun terjadi.

Lidah Buaya

Salah satu penyebab menstruasi tidak lancar adalah karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk mengonsumsi lidah buaya. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sdm gel lidah buaya yang diberi satu tetes madu setiap hari.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *