5 Penyebab tangan kesemutan yang perlu Anda ketahui


PLUSBERITA.COM РJAKARTA. Tangan kesemutan merupakan hal yang biasa terjadi. Umumnya, kondisi itu terjadi karena adanya gangguan dalam tubuh, terlebih di bagian sistem saraf. Sebenarnya, tidak hanya tangan yang dapat mengalami kesemutan. Bagian kaki Anda pun dapat merasakan hal yang sama.

Supaya kondisi tersebut tidak sering terulang, Anda perlu memerhatikan faktor apa saja yang menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Selain itu, cobalah untuk memerhatikan pula gejala lain yang menyertai kesemutan.

Dengan begitu, diagnosa dokter akan menjadi lebih mudah. Anda pun bisa mendapat perawatan yang tepat dengan lebih cepat. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda sering kesemutan.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol, apalagi dalam jumlah besar, dapat bersifat racun sehingga mengganggu kesehatan sistem saraf dalam tubuh. Untuk menghentikan kesemutan, cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter supaya kebiasaan itu bisa berhenti secara efektif.

Baca Juga: ‚ÄčIni biang penyebab kesemutan saat ibu sedang hamil

Tubuh Kekurangan Vitamin

Tahukah Anda bahwa tubuh yang kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan tangan kesemutan? Biasanya, kondisi itu terjadi saat tubuh kekurangan vitamin yang berperan penting dalam sistem saraf, seperti vitamin B12, vitamin B1, vitamin E, dan vitamin B6.

Selain menyebabkan kesemutan, tubuh yang kekurangan vitamin-vitamin itu juga dapat menimbulkan gejala yang lain. Mulai dari pusing, sesak napas, mual, nyeri dada, sakit kepala, hingga pembengkakan liver.

Kecemasan

Medical News Today menyebutkan bahwa kecemasan dapat menyebabkan seseorang mengalami kesemutan. Saat cemas, Anda akan bernapas dengan lebih cepat. Hal itu menyebabkan ketidakseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam tubuh sehingga kesemutan pun terjadi.

Jika Anda sudah lama mengalami kondisi itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya agar gangguan kecemasan bisa teratasi dengan baik. Umumnya, dokter akan menangani gangguan itu dengan cara terapi, pengobatan, atau menyarankan aktivitas relaksasi untuk Anda.

Baca Juga: 3 Penyebab yang membuat Anda sering kesemutan

Jenis Obat Tertentu

Obat hipertensi bisa jadi salah satu faktor yang memicu tangan kesemutan.

Tangan kesemutan juga bisa disebabkan oleh konsumsi jenis obat tertentu, lo. Obat tekanan darah tinggi, kejang, atau kanker dapat menimbulkan efek samping berupa kesemutan. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera konsultasikan ke dokter, ya.

Gagal Ginjal

Faktor lain yang jadi penyebab kesemutan adalah diabetes atau hipertensi sehingga gagal ginjal pun Anda alami. Selain kesemutan, gagal ginjal juga menyebabkan otot Anda melemah dan terasa kram. Supaya tak semakin parah, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *