5 Minuman yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Tekanan darah tinggi harus segera ditangani agar tidak memicu komplikasi penyakit. Ini 5 minuman yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi umum diderita masyarakat tanah air. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah di atas 180/120.

Baca Juga: Manfaat buah mangga untuk kesehatan: meredakan radang sendi sampai mencegah stroke

Mengutip dari Kompas.com, tekanan darah tinggi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. 

Ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, beberapa di antaranya dengan berolahraga dan mengurangi makanan yang memicu naiknya tekanan darah. 

Melansir dari Food.NDTV.com, penderita darah tinggi bisa mengonsumsi buah, sayur, dan beberapa jenis minuman yang memiliki manfaat menurunkan tekanan darah. 

Ini 5 minuman segar yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi bila diminum secara rutin. 

1. Cuka apel 

Cuka apel merupakan minuman kesehatan yang cukup populer. Minuman ini bisa mengeluarkan kelebihan natrium dan racun dari dalam tubuh. 

Selain itu, cuka apel juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa mencampur cuka apel dengan sedikit madu dalam segelas air dan minum di pagi hari. 

2. Air lemon 

Menurut pakar kesehatan di seluruh dunia, memulai hari dengan segelas air lemon bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. 

Air lemon bermanfaat untuk membersihkan sel tubuh, membuat pembuluh darah lembut serta flaksibel, dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

Air lemon mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. 

3. Fenugreek 

Fenugreek tinggi serat yang bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah. Minum air fenugreek setiap pagi saat perut kosong bisa menjaga tekanan darah Anda. 

4. Infused water biji chia 

Biji chia mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang terbukti bekerja sebagai pengencer darah dan bisa menurunkan tekanan darah. 

Untuk membuat infused water biji chia cukup mudah. Anda rendam biji chia di dalam air selama 30 menit. Setelah itu, Anda minum airnya. 

Anda sebaiknya minum infused water biji chia secara rutin selama satu bulan untuk merasakan efektifitasnya. 

5. Susu rendah atau tidak berlemak 

Minuman ini mengandung kalium dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat mengontrol tekanan darah. 

Sebaiknya Anda menghindari minum susu yang mengandung lemak tinggi karena asam palmitat dalam minuman tersebut tidak bisa mengendurkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap tinggi.

Baca Juga: Jarang diketahui, ini manfaat konsumsi kedelai bagi kesehatan tubuh

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *