5 Cara menghilangkan bau mulut ini tak boleh Anda lewatkan


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika penyebab bau mulut sudah Anda ketahui. Misalnya, bau mulut bisa disebabkan oleh konsumsi bawang merah dan bawang putih.

Jika ada acara penting yang perlu Anda hadiri dan mengharuskan Anda bertemu orang lain, usahakan untuk tidak mengonsumsi bawang merah atau bawang putih. Selain bawang, masih ada banyak faktor yang memicu bau mulut. Misalnya, kesehatan gigi dan mulut terganggu atau kebersihan yang tak terjaga.

Selain menghindari penyebab-penyebab tersebut, cara mengatasi bau mulut bisa Anda coba dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun, jika bau tak sedap tak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi bau mulut berasal dari penyakit yang belum Anda sadari.

Cuka Apel

Mengutip dari Periozone.com, cuka apel cukup efektif mengatasi bau mulut, apalagi setelah Anda mengonsumsi bawang merah atau bawang putih. Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah.

Pertama, campur sedikit cuka apel ke dalam segelas air. Setelah itu, gunakan campuran itu untuk berkumur. Kandungan dalam cuka apel berguna untuk menetralkan dan menyegarkan bau mulut Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat cuka apel, dari menghilangkan ketombe sampai plak pada gigi

Tea Tree Oil

Tea tree oil jadi bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Jenis minyak tersebut mampu membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan gigi dan mulut sehingga bau tak sedap pun bisa berkurang.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tea tree oil. Pertama, campurkan beberapa tetes tea tree oil pada pasta gigi yang Anda gunakan. Kedua, gunakan tea tree oil untuk menyikat gigi secara langsung tanpa dicampur dengan bahan apa pun.

Air Garam

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah berkumur dengan air garam.

Berkumur dengan air garam termasuk cara menghilangkan bau mulut secara alami yang telah dilakukan oleh banyak orang. Anda hanya perlu mencampur sedikit garam dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai bau mulut benar-benar hilang.

Makan Sayur dan Buah

Periozone.com mengatakan bahwa bau mulut bisa hilang setelah Anda mengunyah sayur atau buah, seperti wortel atau apel. Buah atau sayur dengan tekstur keras memiliki peran yang mirip dengan sikat gigi. Jadi, kegiatan itu termasuk salah satu cara menghilangkan bau mulut.

Selain itu, mengunyah buah dan sayur juga mampu membersihkan bakteri di sela-sela gigi. Tidak berhenti sampai di situ, kegiatan tersebut pun dapat meningkatkan produksi air liur sehingga semakin banyak bakteri yang bisa Anda bersihkan.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan bau mulut? Ini 4 jawabannya

Mencegah Bau Mulut

Tidak hanya melakukan hal-hal tersebut, Anda juga perlu melakukan beberapa hal supaya bau mulut tidak sering datang. Pertama, usahakan untuk ganti sikat gigi tiap tiga bulan sekali. Kedua, sikat gigi dan pakai benang gigi tiap habis makan atau minimal dua kali sehari.

Ketiga, cobalah untuk melakukan kontrol gigi ke dokter secara rutin. Keempat, sering bersihkan lidah supaya tidak ada penumpukan bakteri. Dengan melakukan hal-hal itu, risiko memiliki bau mulut akan menurun.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *