Daun dan batang seledri bermanfaat sebagai obat herbal asam urat


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Seledri memiliki aroma yang khas dan mengandung flavonoid. Daun dan batang seledri bermanfaat meredakan asam urat.  

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum di derita masyarakat tanah air. 

Baca Juga: 4 Manfaat adas untuk kesehatan: meredakan perut kembung sampai asam urat

Penyakit ini bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat tidak boleh dianggap sepele dan harus segera ditangani. Biasanya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Namun, sebagian orang ada yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat tinggi.

Daun dan batang seledri obat herbal asam urat 

Seledri kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Seledri memiliki aroma khas yang membuat masakan semakin wangi. 

Siapa sangka, seledri banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Jangan heran, seledri mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. 

Melansir dari buku berjudul Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing, seledri mengandung flavonoid, koumarin, furanokoumarin, isokuersetin, umbiliferon, minyak atsiri, asparagin, dan selenium. 

Salah satu manfaat seledri adalah mengobati asam urat tinggi. Asal tahu saja, kandungan flavonoid dalam seledri berperan untuk menurunkan kadar asam urat. 

Mengutip dari buku berjudul 1001 Resep Herbal, dari seluruh bagian tanaman, daun dan batang seledri yang digunakan sebagai obat herbal asam urat. 

Bila ingin merasakan mafaatnya, Anda sediakan daun dan batang seledri seger 60 gram – 120 gram. 

Anda cuci daun dan batang seledri sampai bersih. Lalu, Anda rebus bahan tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air. 

Setelah itu, Anda saring dan dinginkan. Anda minum rebusan seledri tersebut secara sekaligus. 

Anda sebaiknya menggunakan seledri berbatang besar yang dikenal dengan nama parsley. 

Perlu Anda ketahui, penderita gangguan fungsi ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi obat herbal ini untuk meredakan asam urat. 

Baca Juga: Sederet manfaat suruhan untuk kesehatan yang jarang diketahui

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *