5 Rekomendasi obat diare anak dari bahan-bahan alami


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Diare adalah salah satu tanda bahwa tubuh anak berusaha untuk mengeluarkan zat racun atau bakteri yang menginfeksi. Namun, kondisi itu tidak boleh Anda biarkan. Ada banyak obat diare anak yang bisa Anda gunakan.

Sama seperti orang dewasa, diare pada anak-anak bisa mengakibatkan dehidrasi. Peran orangtua dibutuhkan saat anak belum bisa mengkomunikasikan apa yang sedang dirasakan dengan baik. Biasanya, dehidrasi ditandai dengan mulut kering atau frekuensi buang air kecil berkurang.

Di sisi lain, frekuensi buang air besar justru meningkat. Feses yang dikeluarkan pun memiliki tekstur lunak daripada biasanya. Salah satu cara menyembuhkan diare adalah dengan memberikan bahan-bahan alami. Namun, jika kondisi anak tak kunjung membaik, segera periksakan anak ke dokter, ya.

Jahe, Kayu Manis, Kunyit, Madu

Mengutip dari Firstcry.com, jahe, kayu manis, kunyit, dan madu termasuk beberapa obat diare alami yang bisa Anda coba. Campur 1 sdt jahe yang sudah diparut dengan sedikit madu, bubuk kayu manis, dan bubuk kunyit. Berikan campuran itu pada anak tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Bisa didapat dari bahan alami, ini 6 pilihan obat sakit perut

Air Kelapa

Jika Anda mencari obat diare anak, tidak ada salahnya untuk mencoba air kelapa. Selain mengatasi diare, bahan alami itu juga efektif mengatasi dehidrasi yang mungkin dialami anak-anak. Cobalah untuk memberikan segelas air kelapa pada anak sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Wortel

Mengonsumsi wortel bisa jadi salah satu obat diare anak.

Tahukah Anda bahwa wortel bisa dimanfaatkan sebagai obat diare bayi? Kandungan dalam jenis sayur itu mampu mengembalikan energi anak yang hilang selama mengalami diare. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk memberikan jus wortel pada anak beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: 8 Manfaat daun sirih untuk kesehatan: mengobati diare sampai menurunkan berat badan

Lemon

Lemon tidak boleh ketinggalan dari daftar obat diare anak. Bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri sehingga efektif mengatasi bakteri. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi lemon juga mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh anak.

Pisang

Obat diare untuk anak lainnya yang tidak kalah efektif adalah pisang. Sama seperti wortel, mengonsumsi pisang mampu mengembalikan energi anak yang hilang selama diare. Kandungan kalium, kalsium, magnesium, dan nutrisi penting lain juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *