Catat, inilah penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui


PLUSBERITA.COM – Cegukan adalah gerak refleks tubuh yang tidak bisa Anda kontrol. Supaya aktivitas Anda tak sering terganggu karena hal tersebut, Anda perlu menghindari beberapa penyebab cegukan. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Bagi sebagian orang, durasi cegukan memang sebentar. Namun, ada kasus di mana cegukan berlangsung lama. Jika Anda mengalami itu, apalagi jika cegukan berlangsung selama lebih dari 48 jam, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Cegukan yang berlangsung lama bisa jadi tanda masalah kesehatan lain yang Anda miliki. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa sehingga perawatan bisa Anda dapat sesuai dengan kondisi dan penyebabnya.

Penyebab cegukan sementara

Mengutip dari Patient, ada beberapa hal yang menyebabkan Anda mengalami cegukan dalam jangka waktu yang tidak lama. Anda bisa cegukan karena konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, dan stres.

Mandi dengan air dingin atau mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin juga bisa menyebabkan cegukan terjadi. Anda juga perlu memerhatikan kebiasaan makan.

Makan terlalu cepat dapat memicu cegukan. Tapi, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan secara perlahan.

Baca Juga: Anda sering sendawa? Bisa jadi karena 5 kondisi ini

Penyebab cegukan terus-menerus

Meski jarang terjadi, tapi ada beberapa penyakit yang bisa memicu kemunculan cegukan. Misalnya, GERD, infeksi kandung kemih, serangan jantung, stroke, pembengkakan jantung, dan kanker.

Tentu saja, penyakit-penyakit itu tidak hanya ditandai oleh cegukan. Biasanya, penyebab cegukan itu juga akan ditandai oleh ciri-ciri yang lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan kondisi Anda sendiri.

Selain penyakit, cegukan terus-menerus juga bisa dipicu oleh konsumsi obat-obat tertentu, lo. Misalnya, obat hipertensi atau penyakit darah tinggi, obat penawar rasa sakit, steroid.

Perubahan zat kimia dalam darah pun tak luput jadi faktor yang menyebabkan cegukan. Perubahan itu bisa dikarenakan jumlah gula darah tinggi atau tubuh kekurangan mineral tertentu.

Cara menghilangkan cegukan

Jika cegukan terjadi bukan karena suatu penyakit, Patient merekomendasikan beberapa obat cegukan yang mudah untuk Anda coba.

Pertama, minum air putih biasa atau air putih dingin. Kedua, konsumsi lemon atau sedikit cuka. Ketiga, atur pernapasan dengan menahannya beberapa kali.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *