Jangan lakukan hal ini setelah disuntik vaksin Covid-19


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Vaksin Covid-19 Anda butuhkan supaya tubuh Anda lebih siap infeksi Virus Corona. Jika Anda termasuk salah satu orang yang akan mendapat suntikan vaksin, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, jangan langsung tinggalkan lokasi setelah Anda mendapat vaksin Covid-19. Mengutip dari Eatthis.com, usahakan untuk tetap berada di lokasi 15 menit setelah disuntik. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah muncul reaksi alergi atau tidak.

Jika Anda pernah memiliki reaksi alergi parah sebelumnya, waktu yang Anda butuhkan untuk tetap berada di lokasi lebih lama, yaitu 30 menit. Meski jarang terjadi, reaksi alergi akibat vaksin bisa Anda alami.

Bila Anda mengalami reaksi alergi, misalnya peradangan saluran pernapasan, segera laporkan ke tenaga kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan secara cepat dan tepat sehingga kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Vaksinasi lansia dosis pertama di DKI Jakarta sudah capai 53,3%

Umumnya, ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami dan Anda tidak perlu khawatir karena hal itu adalah yang biasa terjadi. Beberapa efek samping vaksin Covid-19 adalah sakit kepala, nyeri otot, demam, dan mual.

Eatthis.com juga mengatakan bahwa covid arm termasuk salah satu efek samping yang umum terjadi. Covid arm adalah istilah yang menunjukkan kondisi di mana muncul ruam di sekitar bekas suntikan vaksin. Covid arm bisa muncul secara langsung atau beberapa minggu setelah Anda divaksin.

Baca Juga: Cek, ini dia 5 lokasi Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama

Selain memerhatikan reaksi alergi atau efek samping vaksin dan melaporkannya ke tengah kesehatan jika perlu, ada hal lain yang tidak boleh Anda lakukan. Setelah mendapat vaksin Covid-19, jangan lepaskan masker saat bertemu dengan orang lain atau saat Anda berada di tempat umum.

Tak hanya jangan melepas masker, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang lain. Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain hingga rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memakai hand sanitizer.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *