Rutin minum teh hijau bisa buat panjang umur, benarkah?


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Teh menjadi minuman sehari-hari masyarakat tanah air. Penelitian menyatakan minum teh hijau baik untuk kesehatan dan membuat panjang umur. 

Teh, minuman wajib bagi sebagian orang. Biasanya, teh diminum pada pagi atau sore hari. 

Baca Juga: Manfaat teh kelor untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai kolesterol

Melansir dari situs Food.NDTV.com, Teh merupakan minuman yang bisa membuat rileks, menenangkan, dan memuaskan. 

Analisis terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menyatakan minum teh dikaitkan dengan hidup lebih sehat dan panjang umur. 

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari satu lakh peserta proyek China-PAR tanpa riwayat serangan jantung, stroke, atau kanker. 

Peserta dibagi dalam dua kategori yakni peminum teh biasa (tiga kali atau lebih dalam seminggu) dan peminum teh non kebiasaan (kurang dari tiga kali seminggu). 

Hasil penelitian menyatakan peserta berusia 50 tahun yang terbiasa minum teh memiliki risiko penyakit jantung koroner dan stroke lebih lambat 1,41 tahun dari orang yang tidak minum teh. 

Selain itu, penyakit jantung dan stroke 20% lebih rendah pada orang yang terbiasa minum teh. Ada pula penurunan sekitar 15% dari semua penyebab kematian di antara orang yang biasa minum teh. 

Xinyang Wang dari Chinese Academy of Medical Sciences, Beijing mengatakan kebiasaan minum teh dikaitkan dengan menurunnya risiko penyakit kardiovakular dan semua penyebab kematian. 

Efek kesehatan ini bisa dirasakan bila seseorang mengonsumi teh hijau secara jangka panjang. 

Studi menunjukkan senywa bioaktif dalam teh yakni polifenol tidak disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu panjang. Maka asupan teh yang sering dalam waktu lama mungkin diperlukan untuk memberikan perlindungan kardio. 

Analisis terperinci mengungkapkan peminum teh hijau bisa hidup lebih lama daripada teh hitam atau jenis teh lainnya. 

Hal ini disebabkan teh hijau merupakan sumber polifenol. Sedangkan polifenol dalam teh hitam teroksidasi karena proses fermentasi. Selain itu, teh hitam biasanya disajikan dengan susu yang bisa menurunkan manfaat teh. 

Baca Juga: 7 minuman yang bermanfaat meredakan asam lambung

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *