7 Manfaat temulawak untuk kesehatan yang sudah terbukti


PLUSBERITA.COM – Manfaat temulawak sudah terbukti sejak lama. Khasiat temulawak tersebut sudah dimanfaatkan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional China.

Di Indonesia, obat herbal ini juga banyak ditemukan dalam bentuk jamu temulawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang.

Rimpang ini biasanya terdiri dari rimpang induk serta rimpang anakan yang bentuknya lebih kecil. Jika dibelah, dagingnya berwarna kuning tua, sementara bagian dalam berwarna jingga kecoklatan.

Tanaman ini bisa tumbuh secara liar dan budidayanya tak memerlukan penanganan khusus, bahkan sering dianggap sebagai tanaman ilalang. Manfaat temulawak yang dikeringkan juga bisa digunakan sebagai obat luka.

Baca Juga: Rempah-rempah yang bermanfaat mengobati asam lambung

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan

Salah satu kandungan dalam temulawak adalah kurkumin. Kurkumin inilah yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Berikut 7 manfaat temulawak untuk kesehatan dikutip dari Healtline:

1. Antioksidan

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang juga bisa ditemukan pada kunyit. Senyawal ini berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi temulawak, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Anti-peradangan

Manfaat temulawak kedua yakni sebagai obat anti peradagangan. Tanpa peradagangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah masuk ke tubuh dan menciptakan penyakit,

Para peneliti bidang kesehatan percaya, peradagangan dalam tubuh jadi salah satu penyebab beberapa penyakit seperti kanker, alzheimer, dan jantung.

3. Meningkatkan kemampuan fungsi otak

Khasiat temulawak rupanya juga berkaitan dengan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak bisa memicu peningkatan kadar BDNF.

BDNF adalah hormon yang membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia. Neuoron mampu membentuk koneksi baru di area-area tertentu, sehingga manfaat temulawak bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Baca Juga: Ini makanan yang bisa meredakan asam lambung



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *