5 Manfaat kurma yang kaya nutrisi untuk kesehatan Anda


PLUSBERITA.COM – Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman manis, cobalah untuk makan kurma. Selain memiliki rasa yang manis, jenis buah itu juga mengandung segudang manfaat. Anda bisa mendapat manfaat kurma dengan mengonsumsinya secara rutin.

Mengutip dari Pharmeasy, kurma mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Dengan mengonsumsi kurma, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa tetap terjaga.

Ada banyak hidangan yang bisa Anda buat menggunakan kurma. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Hindari menambahkan bahan makanan lain yang bisa mengganggu Anda untuk mendapat manfaat-manfaat ini.

Menguatkan tulang

Tahukah Anda, mengonsumsi kurma dapat menguatkan tulang Anda? Kurma mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tulang agar tetap sehat. Misalnya, magnesium dan selenium.

Kurma juga mengandung banyak vitamin K yang mengatur pembekuan darah. Dengan begitu, metabolisme tulang akan tetap terjaga.

Akan lebih baik jika penderita osteoporosis mengonsumsi kurma secara rutin. Namun, pastikan untuk konsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Khasiat buah zuriat bagi kesehatan dan cara mengonsumsinya

Cocok untuk penderita diabetes

Manfaat kurma berikutnya cocok untuk penderita diabetes. Mengonsumsi buah kurma dapat meningkatkan produksi insulin dan mengurangi penyerapan glukosa dari usus. Selain itu, mengonsumsi kurma juga mampu menurunkan jumlah lemak dalam tubuh Anda.

Menjaga kesehatan kulit

Pharmeasy mengatakan, kurma mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Soalnya, jenis buah itu mengandung vitamin C dan vitamin D yang mampu menjaga elastisitas dan kelembutan kulit.

Tidak berhenti sampai di situ, tanda penuaan dini pun bisa Anda cegah dengan mengonsumsi kurma.

Baca Juga: Manfaat susu kurma yang orang jarang tahu

Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat kurma adalah menurunkan jumlah kolesterol.

Manfaat kurma lainnya adalah mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi normal. Namun, saat jumlahnya terlalu banyak, kolesterol justru menimbulkan masalah kesehatan.

Menjaga kesehatan jantung

Saat jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol, risiko penyakit jantung pun dapat turun. Antioksidan dalam kurma juga mampu mencegah serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit.

Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk mengonsumsi segenggam kurma setiap hari.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *