4 Obat gusi bengkak dari bahan alami, tertarik mencoba?


PLUSBERITA.COM – Ada banyak pilihan obat gusi bengkak yang bisa Anda coba. Alih-alih mengonsumsi obat yang dijual di apotek, Anda bisa meredakan gusi bengkak dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Namun, jika gusi bengkak tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter.

Gusi bengkak atau gingivitis bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari perubahan hormon, kecelakaan, karang gigi, hingga infeksi jamur.

Jika gusi bengkak tak segera Anda atasi, ada semakin banyak gangguan yang bisa Anda alami. Misalnya, Anda menjadi kesulitan untuk mengunyah makanan.

Jika gusi bengkak disebabkan karena infeksi, hal itu bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain sehingga menimbulkan masalah yang lebih parah. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan ini.

Jahe

Laman Power of Positivity menyebutkan, jahe mampu meredakan gusi bengkak karena mengandung antiinflamasi. Antioksidan dalam bahan alami itu juga mampu mempercepat proses penyembuhan.

Pertama-tama, tumbuk jahe hingga benar-benar halus lalu tambahkan sedikit garam. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan pada gusi bengkak.

Diamkan dulu selama beberapa menit lalu kumur dengan air. Anda perlu mengulangi cara tersebut minimal dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Catat, ini 4 obat sakit gigi alami yang bisa dipakai

Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak, lo. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan sehingga efektif meredakan gusi bengkak.

Anda perlu berkumur dengan air yang dicampur gel lidah buaya dua kali dalam satu hari.

Lemon

Tahukah Anda, gusi bengkak bisa disembuhkan dengan air lemon? Bahan alami itu mengandung antimikroba yang mampu melawan kuman penyebab gusi bengkak.

Tidak berhenti sampai di situ, Power of Positivity mengatakan, lemon mampu menyeimbangkan pH dalam mulut. Artinya, kondisi tidak nyaman akibat gusi bengkak bisa hilang dengan lebih cepat.

Caranya, campur satu gelas air hangat dengan 1 sdm air lemon. Gunakan air tersebut untuk berkumur secara rutin sampai gusi bengkak yang Anda alami sembuh.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan bau mulut, cukup mudah untuk Anda coba

Cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu obat gusi bengkak.

Cuka apel juga bisa Anda pakai sebagai obat gusi bengkak. Sama seperti lemon, cuka apel mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga gusi bengkak bisa mereda. Anda hanya perlu berkumur dengan campuran 1 sdm cuka apel dan segelas air.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *