4 Rekomendasi obat radang tenggorokan dari bahan alami


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Sakit tenggorokan merupakan salah satu kondisi yang membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada banyak obat radang tenggorokan yang bisa Anda coba.

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari infeksi virus, polusi, alergi, dan asap rokok. Jika Anda mengetahui penyebabnya, radang tenggorokan semakin mudah untuk disembuhkan.

Ada banyak obat yang dijual di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk memilih bahan-bahan alami. Nutrisi yang terkandung dalam bahan alami tak hanya menyembuhkan radang tenggorokan, tapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kayu Manis

Top 10 Home Remedies (top10homeremedies.com) mengatakan bahwa kayu manis bisa meredakan radang tenggorokan, apalagi yang terjadi karena flu. Cara yang harus Anda lakukan pun tak sulit.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan 1 sdt lada hitam dan sedikit kapulaga dalam segelas air. Selanjutnya, minum air campuran yang telah diaduk dan disaring sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari sampai radang tenggorokan hilang.

Baca Juga: Kenali obat radang tenggorokan, dari yang alami maupun obat apotik

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih mengandung antiseptik dan antibakteri yang berguna untuk meredakan radang tenggorokan. Cara yang bisa Anda lakukan pun beragam.

Pertama, Anda bisa mengunyah bawang putih mentah secara langsung. Kedua, berkumurlah dengan segelas air yang sudah dicampur beberapa tetes minyak bawang putih. Lakukan cara tersebut satu kali dalam satu hari.

Madu

Madu adalah bahan alami yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tak terkecuali radang tenggorokan. Sama seperti bawang putih, madu mengandung antibakteri yang dapat melawan infeksi bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Cobalah untuk mengonsumsi 1 sdt madu setiap sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa mencampur madu dengan segelas air hangat atau teh herbal kesukaan Anda. Usahakan untuk melakukan hal tersebut secara rutin supaya radang tenggorokan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan pakai obat

Kunyit

Kunyit bisa Anda manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan.

Top 10 Home Remedies mengatakan bahwa kunyit termasuk salah satu obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda coba. Cobalah untuk minum segelas air yang dicampur dengan ¼ sdt bubuk kunyit di pagi hari. Antiinflamasi dan antiseptik dalam kunyit akan menyembuhkan radang tenggorokan Anda.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *