Ini 5 cara membersihkan paru-paru yang patut Anda coba


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Paru-paru adalah organ dalam tubuh yang sering terpapar polusi dari udara yang Anda hirup sehari-hari. Maka dari itu, cara membersihkan paru-paru perlu Anda lakukan secara rutin. Tujuannya agar polusi tidak menumpuk dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Mengutip dari Indiatimes.com, mandi dengan air hangat selama 20 menit setiap hari dapat mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan menghirup uap yang keluar.

Dengan begitu, efek samping polusi, seperti sakit tenggorokan atau penyumbatan, dapat teratasi dengan baik. Selain mandi dengan air hangat, mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut juga baik untuk kesehatan paru-paru Anda, lo.

Makanan Kaya Kalium

Cobalah untuk mengonsumsi makanan kaya kalium secara rutin. Misalnya, pisang, jeruk, tomat, wortel, dan lain sebagainya. Kalium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan paru-paru supaya kondisi dan fungsinya tetap terjaga.

Baca Juga: Cara mengatasi kekurangan oksigen dalam darah

Teh Hijau

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan dalam jenis teh itu mampu mencegah paru-paru bekerja secara berlebihan untuk mengeluarkan berbagai macam zat racun yang tidak dibutuhkan tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi teh hijau juga mampu mengeluarkan zat racun dari saluran pencernaan. Dengan begitu, sembelit dan berbagai macam masalah kesehatan yang lain dapat Anda hindari.

Wortel

Seperti yang sudah dikatakan, mengonsumsi wortel baik untuk kondisi kesehatan paru-paru Anda. Indiatimes.com merekomendasikan Anda untuk minum 300 ml jus wortel di antara waktu sarapan dan makan siang Anda.

Nanas

Selain wortel, cara membersihkan paru-paru juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jus nanas. Cobalah untuk minum 400 ml jus nanas setiap sebelum tidur. Nanas mengandung antioksidan yang berguna untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di sistem pernapasan.

Antioksidan juga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem imun tubuh Anda juga bisa meningkat jika asupan antioksidan selalu terpenuhi.

Baca Juga: Usai berhenti merokok, ikuti cara membersihkan paru-paru

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang efektif menghilangkan penyumbatan di saluran pernapasan. Tak hanya itu, mengonsumsi jahe pun mampu mengeluarkan berbagai macam zat racun yang membahayakan tubuh. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung, mencampurnya dengan masakan lain, atau minum air rebusan jahe.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *