Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar meningkat. Tekstur feses yang keluar pun menjadi lebih lembek dan mengandung banyak air. Jika Anda mengalami itu, ada banyak obat diare yang bisa Anda konsumsi.

Untuk diare yang ringan atau sedang, Anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Biasanya, diare akan berlangsung selama dua hari. Namun, jika diare terus terjadi lebih dari waktu itu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Hal penting yang perlu Anda lakukan saat mengalami diare adalah dengan minum banyak air putih. Tujuannya agar tubuh Anda tidak dehidrasi karena ada banyak cairan yang keluar selama diare. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan berikut.

Kunyit

Emedi Health (emedihealth.com) mengatakan bahwa kunyit mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang berguna untuk mengatasi diare. Meski demikian, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi kunyit karena bisa menyebabkan efek samping, misalnya sakit perut.

Supaya diare bisa teratasi secara efektif, cobalah untuk minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 1 sdt bubuk kunyit. Anda juga bisa mencampur kunyit dengan makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda ingin mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, kenali

Pisang

Pisang termasuk salah satu obat diare alami yang bisa Anda coba. Namun, usahakan untuk memilih pisang hijau, ya. Tak hanya mengatasi diare, mengonsumsi pisang hijau juga berguna untuk mengatasi masalah sistem pencernaan yang lain.

Oatmeal

Oatmeal bisa Anda jadikan obat diare.

Oatmeal mengandung zinc yang mampu mengatasi diare secara efektif. Mengutip dari Emedi Health, meningkatkan asupan zinc dapat menurunkan tingkat keparahan diare dan mengurangi durasi penyakit itu. Selain oatmeal, masih banyak makanan lain yang mengandung zinc, seperti sereal atau tiram.

Baca Juga: Bisa Anda jadikan pilihan, berikut 4 obat herbal ambeien

Cuka Apel

Tahukah Anda bahwa cuka apel bisa dijadikan obat diare? Antibakteri dalam cuka apel bisa melawan bakteri penyebab diare. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 1 sdt cuka apel dalam segelas air. Aduk hingga rata lalu minum sebanyak dua kali dalam satu hari. Terus ulangi cara tersebut sampai diare sembuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *