Tak banyak disadari, 5 gejala Covid-19 ini masih bisa Anda alami


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Meski sudah sembuh, tapi banyak gejala Covid-19 yang masih bisa Anda alami, lo. Para peneliti dari Indiana University School of Medicine and Survivor Corps menganalisa kondisi penyintas Covid-19 yang sembuh. Hasilnya, ada beberapa gejala yang masih bisa Anda alami dalam jangka waktu lama.

Para peneliti mengidentifikasi ada 98 gejala Covid-19 yang dapat terjadi. Pertama, Anda bisa mengalami syncope. Syncope adalah kondisi di mana kesadaran Anda hilang secara tiba-tiba karena aliran darah menuju otak terhenti.

Syncope dapat dialami oleh semua orang yang sembuh dari infeksi Virus Corona, baik yang memiliki gejala sebelumnya ataupun tidak. Selain syncope, tentu saja masih banyak gejala lain yang dapat Anda alami. Misalnya, anemia, ketidakseimbangan hormon, kulit kepala kering dan muncul ketombe, dan lain sebagainya.

Anemia

Mengutip dari Eatthis.com, 37 partisipan penelitian dilaporkan mengalami anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan darah sehingga aliran oksigen dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan seluruh tubuh menjadi terganggu.

Baca Juga: Seberapa ampuh vitamin D dalam mencegah Covid-19?

Ketidakseimbangan Hormon

Hormon memegang peranan penting dalam tubuh karena menjalankan berbagai macam fungsi. Mulai dari mengatur nafsu makan, mood atau perasaan, suhu tubuh, dan lain sebagainya. Saat hormon dalam tubuh tidak seimbang, tentu saja fungsi-fungsi tersebut akan terganggu.

Infeksi Virus Corona menyerang sistem pernapasan dan sistem imun tubuh sehingga Anda bisa mengalami ketidakseimbangan hormon. Selain infeksi Covid-19, ketidakseimbangan hormon juga bisa terjadi akibat faktor lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Ketombe dan kulit kepala kering jadi salah satu gejala Covid-19 yang masih bisa Anda alami meski sudah sembuh.

Melansir Eatthis.com, ada 52 orang yang mengalami ketombe dan kulit kepala kering setelah terinfeksi Virus Corona. Meski tidak berbahaya, kondisi tersebut dapat membuat Anda gatal dan tentu saja merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Waspada, Covid-19 bisa sebabkan disfungsi ereksi, ini buktinya

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah jadi gejala Covid-19 berikutnya yang dapat Anda alami. Kondisi itu masih berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Selain itu, tekanan darah rendah juga bisa terjadi akibat faktor lain. Jadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tahukah Anda bahwa bibir kering dan pecah-pecah termasuk gejala Covid-19? Virus Corona menyebabkan tubuh dehidrasi sehingga kondisi itu terjadi. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memakai lip balm dan minum banyak air putih.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *