5 Efek samping vaksin Covid-19 yang bisa Anda alami


PLUSBERITA.COM – Banyak orang mengalami efek samping vaksin Covid-19 yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hal itu. Mulai dari jenis kelamin, usia, jenis vaksin, hingga riwayat kesehatan apakah pernah terinfeksi virus corona atau tidak.

Selain beberapa faktor tersebut, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan supaya efek samping vaksin tidak Anda rasakan terlalu parah. Hal penting tersebut adalah olahraga, apalagi dengan intensitas yang cukup tinggi.

Maka dari itu, menghindari olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh penting untuk Anda lakukan. Jika tidak, beberapa efek samping berikut ini bisa Anda alami. Bahkan, kondisi Anda bisa parah hingga membutuhkan pertolongan medis.

Sakit kepala

Sakit kepala atau migrain parah termasuk salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda waspadai. Mengutip dari Best Life, sakit kepala parah yang berlangsung lama setelah Anda divaksin menunjukkan adanya penggumpalan darah di otak.

Baca Juga: Jangan lakukan 5 hal ini setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19

Sakit perut

Selain sakit kepala, sakit perut juga bisa Anda rasakan setelah mendapat vaksin virus corona. Sakit perut parah bisa jadi tanda adanya penggumpalan darah. Meski demikian, bukan menutup kemungkinan sakit perut disebabkan karena hal lain, seperti sembelit.

Nyeri punggung

Efek samping vaksin Covid-19 lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah nyeri punggung. Sebenarnya, otot yang terasa sakit merupakan efek samping yang biasa terjadi setelah Anda disunti vaksin. Namun, hal yang berbeda jika punggung Anda yang terasa sakit.

Nyeri punggung jadi tanda bahwa ada kemungkinan penggumpalan darah di bagian paru-paru. Biasanya, rasa sakit terjadi di punggung bagian atas. Jadi, Anda perlu segera memeriksakan diri jika mengalami tanda tersebut.

Baca Juga: 8 Fakta vaksin Covid-19 AstraZeneca di Indonesia

Sesak napas

Sesak napas adalah salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda waspadai.

Best Life mengatakan, sesak napas jadi efek samping vaksin yang perlu Anda perhatikan. Apalagi jika kondisi itu terjada dalam kurun waktu tiga minggu setelah Anda mendapat suntikan vaksin. Biasanya, sesak napas karena vaksin virus corona dibersamai dengan gejala yang lainnya.

Memar

Memar juga bisa jadi efek samping vaksin Covid-19, lo. Segera periksakan diri ke dokter jika penyebab kemunculan memar tidak Anda ketahui. Bisa saja hal itu jadi tanda adanya penggumpalan darah dalam tubuh Anda.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *