5 Minuman yang efektif meredakan asam lambung tinggi dan gangguan pencernaan


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Asam lambung tinggi tidak boleh disepelakan dan harus segera diobati. Ini 5 minuman yang efektif meredakan asam lambung dan gangguan pencernaan. 

Asam lambung merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat. Namun, penyakit ini sering diabaikan sebab gejalanya muncul hanya sebentar. 

Baca Juga: 9 Makanan yang mampu menurunkan asam lambung tinggi

Melansir dari Food.NDTV.com, konsultan ahli gizi Rupali Datta mengatakan keasaam dan mulas jika tidak ditangani bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah. 

Salah satunya adalah penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD). Penyakit ini muncul karena asam lambung mengiritasi pipa makanan dalam tubuh dengan mengalirkan kembali ke kerongkongan. 

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dan pola makan untuk menghindari masalah kesehatan tersebut 

“Pola hidup sehat adalah suatu keharusan untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik. Beberapa contohnya adalah makan makanan yang tepat pada waktunya, makan dalam porsi kecil namun sering, makan sambil duduk tegak, dan mengunyah makanan dengan benar,” kata Rupali Datta. 

Sebuah penelitian baru telah menghasilkan beberapa pedoman dasar yang bisa mengurangi gejala asam lambung pada perempuan. 

Penelitian tentang pola makan, gaya hidup, dan kesehatan perempuan menemukan lima faktor yang bisa mempengaruhi asam lambung. Penemuan tersebut telah dipubikasikan di Jurnal JAMA Internal Medicine. 

5 Faktor yang bisa membantu mengurangi asam lambung naik 

  • Berhenti merokok 
  • Membatasi konsumsi teh, kopi, dan soda 
  • Menjalankan pola makan yang baik (perbanyak makanan mengandung serat, rendah lemak) 
  • Membatasi jumlah konsumsi daging merah, makanan olahan, dan makanan berkalori tinggi
  • Mempertahankan berat badan (Anda sebaiknya olahraga sekitar 30 menit per hari) 

Penelitian tersebut melakukan survei dampir 43.000 perempuan dengan rentang usia 42 tahun dan 62 tahun dari tahun 2005 sampai 2017. 

Para partisipan diminta untuk mengikuti lima pedoman di atas. Survei tersebut juga memasukkan berbagai pertanyaan tentang GERD atau gejala sakit maag, 

Hasilnya, perempuan yang mengikuti pedoman di atas dengan konsistem memiliki risiko gejala asam lambung yang rendah. 

“Penelitian ini memberikan bukti bahwa gejala gastrointestinal yang umum dan melemahkan bisa dikontrol dengan baik dalam banyak kasusu dengan modifikasi diet dan gaya hidup.” kata Andrew T. Chan, MD,MPH, penulis senior penelitian tersebut. 

5 makanan yang bisa menurunkan asam lambung tinggi 

Berikut 5 makanan yang bermanfaat menurunkan asam lambung tinggi dan meredakan masalah pencernaan. 

1. Teh ajwain 

Anda rendam satu sendok teh ajwain di dalam segelas air semalaman. Setelah itu Anda minum keesokan harinya secara sekaligus. 

2. Adas 

Anda bisa menambahkan sedikit adas ke dalam secangkir teh biasa. Opsi lainnya, Anda bisa mengolah adas menjadi teh untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. 

3. Susu dingin 

Susu dalam suhi dingin atau ruangan bisa membantu meredakan asam lambung dengan cepat. 

4. Yogurt 

Yogurt merupakan probiotik alami dan membantu meningkatkan kesehatan usus. Anda bisa menambahkan yogurt ke dalam makanan untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan. 

5. Air madu 

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi satu sendok teh madu dengan air hangat bisa meredakan asam lambung. 

Baca Juga: 6 Manfaat air kelapa untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai gula darah

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *