Cara menyembuhkan diare menggunakan obat dan bahan alami


PLUSBERITA.COM – Jakarta. Penyakit diare bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagaimana cara menyembuhkan diare secara cepat? Simak panduan cara menyembuhkan diare menggunakan obat dan bahan alami berikut ini.

Gejala umum diare yang dialami yakni sering buang air besar (BAB) berair, sakit perut, dan perut kembung. Diare sering kali menjadi cara tubuh untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

Gangguan kesehatan ini sebenarnya bisa menyerang kapan saja. Tapi, diare rasanya paling tidak mengenakan ketika datang pada waktu yang tidak tepat, seperti saat liburan atau acara khusus, bukan?

Cara menyembuhkan diare

Meskipun diare biasanya bisa membaik dengan sendirinya dalam dua hingga tiga hari, beberapa pengobatan dapat membantu mendorong tinja padat lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa cara cepat menyembuhkan diare:

Baca juga: Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami

1. Konsumsi obat anti diare

Beberapa orang melihat diare tidak lebih dari gangguan ringan dan membiarkannya sembuh dengan sendirinya, terutama karena beberapa serangan diare yang pernah dialami sebelumnya berlangsung kurang dari 24 jam.

Saat mengalami diare itu, Anda mungkin hanya memilih tinggal di dekat rumah atau kamar mandi, dan minum banyak cairan atau elektrolit sebagai cara mencegah dehidrasi. Tetapi bagaimana jika Anda tidak bisa tinggal di rumah?

Dalam kasus ini, minum obat diare dapat mengurangi atau menghilangkan kotoran yang lepas sepenuhnya setelah dosis pertama.

Carilah produk obat diare yang dijual bebas yang mengandung bahan loperamide dan bismuth subsalicylate. Bahan aktif loperamide pada obat diare bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus dan membuat feses menjadi lebih padat. Sementara bismuth subsalicylate bisa bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *