4 Minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Anda ingin memiliki tubuh langsing? Ini 4 minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

Sebagian orang yang memiliki tubuh gemuk ingin menurunkan berat badan. Mereka pun melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Baca Juga: CDC: 7 cara yang efektif menurunkan berat badan dan mempertahankannya

Dilansir dari Hello Sehat, selain mengurangi dan memilih makanan yang akan dimakan, minuman juga berperan penting dalam mengontrol berat badan. 

Bahkan, beberapa jenis minuman dianggap sebagai penurun berat badan karena manfaatnya. 

Beberapa jenis minuman tertentu juga bisa meningkatkan laju metabolisme, mencegah rasa lapar dan membuat anda kenyang lebih lama. 

Berikut minuman yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. 

1. Air putih 

Minum air putih dapat membantu anda mengurangi asupan minuman yang tinggi kalori, mengontrol nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak dan kalori, serta melancarkan pencernaan. 

Dengan meminum air putih, dapat meningkatkan laju metabolisme sebanyak 24 hingga 30% selam 1 sampai 1,5 jam. 

Terbukti dengan orang yang rutin minum 500 mili liter air putih setengah jam sebelum makan, mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44% dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya. 

Hal itulah yang mendasari bahwa air putih merupakan salah satu minuman penurun berat badan yang sangat disarankan untuk diet. 

2. Teh 

Teh adalah minuman yang dinikmati diseluruh dunia. Teh juga sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat teh adalah untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. 

Ada beberapa macam teh yang berguna untuk menurunkan berat badan, antara lain teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih dan teh herbal. 

Teh hijau memiliki manfaat menurunkan berat badan dan membakar lemak. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2008 silam yang dimuat dalam jurnal Physiology of Behavior. 

Teh hitam memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Kandungan tersebut lah yang menjadi alasan mengapa teh hitam memberikan efek penurunan berat badan. Teh oolong telah ditunjukkan oleh beberapa penelitian bahwa dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan mempercepat metabolisme tubuh. Teh putih merupakan jenis teh yang diolah dari daun teh muda, sehingga rasanya sedikit lebih manis. 

Teh ini memiliki manfaat untuk kesehatan mulut dan membunuh sel kanker, selain itu juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Teh herbal memiliki beberapa jenis, antara lain teh rooibos, teh jahe, teh rosehip dan teh kembang sepatu. Teh rooibos adalah salah satu jenis teh herbal yang sangat efektif untuk pembakaran lema. 

Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa teh rooibos meningkatkan metabolisme lemak dan membantu menghalangi pembentukan sel lemak. 

3. Smoothie buah 

Jenis minuman ini berbeda dengan jus buah, smoothie adalah minuman penurun berat badan dengan kandungan serat yang jauh lebih tinggi. 

Cara membuat smoothie adalah dengan mencampurkan buah-buahan dengan susu skim, susu almond atau yoghurt. Kemudian dihaluskan sesuai dengan keinginan. 
Dianjurkan memilih buah-buahan yang memiliki banyak serat seperti pisang, blueberry atau stroberi. Bisa dalam keadaan segar atau dalam keadaan beku. 

4. Kopi Hitam 

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat sebagai stimulan pada tubuh. 
Kandungan kafein itulah yang membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori, meningkatkan laju metabolisme, serta merangsang pembakaran lemak dengan lebih efektif. 

Kopi hitam memiliki rendah kalori dan dapat dikonsumsi untuk minuman penurun berat badan. 

Kalori tersebut akan menjadi tinggi bila dikonsumsi dengan ditambah sirup, whipped cream, susu tinggi lemak atau pemanis buatan. Kendati demikian, minuman juga dapat menyumbangkan kalori yang cukup besar. 

Beberapa minuman yang mengandung pemanis, biasanya minuman tersebut memiliki kalori yang tinggi. Hal tersebut akhirnya membuat anda tidak kunjung berhasil menurunkan berat badan. 

Tetapi, anda bisa mengonsumsi jenis minuman diatas sebagai minuman yang membantu untuk menurunkan berat badan. 

Anda juga bisa diet dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ringan agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga.(Dandy Bayu Bramasta) 

Baca Juga: Ini aktivitas yang bisa membantu menurunkan berat badan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ingin Turunkan Berat Badan? Coba 4 Jenis Minuman Ini”, 
 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *