Perlu Anda hindari, berikut 4 makanan penyebab asam urat


PLUSBERITA.COM – Salah satu penyebab utama radang sendi adalah jumlah asam urat yang tidak terkontrol. Ada banyak faktor yang menimbulkan hal tersebut. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan penyebab asam urat.

Asam urat biasanya larut dalam darah dan tersaring dalam ginjal kemudian dikeluarkan bersama dengan air kencing. Namun, saat hal itu tidak terjadi, jumlah asam urat dalam tubuh akan semakin banyak.

Tidak hanya menimbulkan radang sendi, asam urat yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan batu ginjal.

Beberapa jenis makanan ini memiliki kandungan purin yang banyak. Purin yang masuk ke tubuh akan dipecah menjadi asam urat. Hal itulah yang mengakibatkan beberapa makanan justru memperparah jumlah asam urat dalam tubuh Anda.

Minuman bersoda

Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda berpengaruh buruk pada jumlah asam urat dalam tubuh? Melansir dari Creaky Joints, risiko radang sendi meningkat sebanyak 85% saat laki-laki dewasa minum lebih dari dua porsi minuman bersoda tiap hari.

Alih-alih minum minuman bersoda, cobalah untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat. Anda bisa mencampur air putih dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis bisa diganti dengan jenis buah yang lain sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat daun sukun untuk kesehatan: Mengobati sakit gigi sampai asam urat

Alkohol

Tidak hanya minuman bersoda, minuman beralkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah asam urat. Cobalah mengurangi porsi minuman beralkohol yang Anda konsumsi sehari.

Untuk wanita, sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu porsi. Sedangkan laki-laki tidak lebih dari dua porsi minuman beralkohol.

Seafood

Seafood termasuk salah satu makanan penyebab asam urat yang perlu Anda hindari. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi banyak seafood memiliki risiko asam urat tinggi sebanyak 50%.

Creaky Joints menyebutkan beberapa jenis seafood dengan kandungan purin yang cukup banyak, misalnya, ikan teri, kepiting, dan udang.

Jika Anda menyukai seafood tersebut, cobalah untuk membatasi konsumsinya. Mengkombinasikannya dengan lemon atau brokoli juga bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

Liver

Liver atau organ dalam hewan termasuk salah satu makanan penyebab asam urat.

Liver jadi makanan penyabab asam urat berikutnya yang perlu Anda waspadai. Tidak hanya liver, organ lain juga perlu Anda hindari karena mengandung banyak purin.

Cobalah mengganti liver dengan sumber protein lain yang mengandung lebih sedikit purin, seperti daging sapi atau daging unggas.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *