Tanpa obat dan operasi, ini cara memiliki wajah awet muda


PLUSBERITA.COM – Jakarta. Memiliki badan sehat dan wajah awet muda adalah dambaan setiap orang. Simak cara agar badan sehat dan wajah awet muda sebagai berikut.

Andrew Steele, seorang ilmuwan sekaligus penulis buku berjudul “Ageless: The New Science of Getting Older Without Getting Old”, mengatakan bahwa seharusnya masyarakat tak perlu malu melakukan perawatan untuk memperlambat akumulasi mutasi dalam DNA kita. “Setiap orang memiliki kendali atas proses penuaannya tanpa disadari,” kata Steele.

Mengetahui hal itu, Steele menjadi lebih bersemangat melakukan hal-hal baik untuk tubuhnya.

Dia mengungkapkan bahwa semua jenis intervensi kesehatan sehari-hari yang ‘membosankan’ seperti olahraga, tidak merokok, makan makanan yang sehat, ini benar-benar bisa memperlambat proses penuaan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Berdasarkan pengetahuan yang dia ketahui dan kebiasaan yang dilakukannya sendiri, berikut ini adalah beragam cara agar kita awet muda secara alami:

1. Melakukan olahraga

Cara pertama agar wajah terlihat awet muda adalah dengan berolahraga. Steele mencoba berlari dan bersepeda rata-rata 30 menit sehari. Dia juga menambahkan latihan kekuatan ke dalam rutinitasnya setelah meneliti betapa pentingnya menjaga otot tetap aktif.

Namun, meskipun kardio dan angkat beban adalah kuncinya, dia memperingatkan agar tidak melakukan olahraga berlebihan. “Belum ada bukti yang cukup kuat yang menunjukkan bahwa olahraga secara berlebihan baik untuk tubuh. Justru itu dapat memperpendek umur,” ucap Steele.

Penting juga untuk menghindari perilaku malas bergerak atau hanya berdiam diri sepanjang hari. Ini tentu akan sangat berpengaruh ke tubuh. Namun, jika berolahraga sekitar 30 menit terasa berat, kamu bisa mengakalinya dengan berjalan kaki 10 menit setiap harinya. Ini juga akan secara dramatis meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga: Cara memutihkan kulit secara alami bisa pakai 4 bahan ini

2. Makan makanan bervariasi yang berasal dari tumbuhan

Cara selanjutnya agar wajah terlihat awet muda adalah konsumsi beragam makanan dari tumbuhan. Steele mengatakan tidak ada jenis makanan yang dia hindari. Namun, untuk saat ini dia mencoba untuk makan makanan yang lebih bervariasi dan mengurangi konsumsi daging.

“Makanan yang berasal dari sayuran secara umum cenderung lebih sehat dan dapat memperpanjang umur. Maka dari itu saya mencobanya,” katanya.

Sayuran biasanya lebih rendah kalori daripada makanan lain dan bisa lebih baik untuk mikrobioma usus, yang berpengaruh pada proses penuaan. Kacang-kacangan khususnya merupakan sumber protein nabati yang baik, jadi Steele  memasukkannya ke dalam menu makanannya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *