5 Rekomendasi obat batuk dari bahan alami untuk Anda


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Batuk adalah salah cara tubuh untuk melawan infeksi benda asing, seperti virus atau bakteri. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada banyak obat batuk yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Biasanya, ada gejala lain yang Anda alami selain batuk. Mulai dari sakit tenggorokan, nyeri dada, hidung berair, sesak napas, dan lain-lain. Kondisi tersebut tentu saja membuat aktivitas yang sedang Anda jalankan terganggu.

Jika terus dibiarkan, batuk juga memengaruhi kondisi kesehatan yang lain. Maka dari itu, mencoba beberapa bahan alami ini perlu Anda lakukan. Namun, jika batuk terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Wortel

Getatoz.com menyebutkan bahwa wortel bisa mengurangi batuk yang sedang Anda alami. Anda hanya perlu membuat jus yang terdiri dari wortel, air, dan madu. Usahakan untuk minum jus wortel sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari sampai batuk hilang.

Baca Juga: 6 Manfaat seledri untuk kesehatan: meredakan batuk sampai menurunkan asam urat

Kunyit

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk adalah kunyit. Kandungan yang ada dalam kunyit mampu meredakan batuk, apalagi batuk kering. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus 1 sdt lada hitam dengan 1 sdt bubuk kunyit dan sedikit kayu manis selama dua hingga lima menit. Setelah mendidih, diamkan sebentar supaya air dingin. Tambahkan 1 sdmmadu sebelum Anda minum air rebusan itu supaya rasanya lebih lezat.

Lemon

Mengutip dari Getatoz.com, vitamin C yang terdapat dalam lemon mampu melawan infeksi penyebab batuk. Anda hanya perlu minum 2 sdm air lemon yang dicampur 1 sdm madu beberapa kali dalam sehari sampai batuk berkurang.

Baca Juga: Cara menyembuhkan batuk dengan obat dari bahan-bahan alami

Jahe

Jahe bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk.

Jahe adalah obat batuk yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Caranya, tumbuk beberapa jahe lalu rebus dalam segelas air. Minum air rebusan itu sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan madu dan lemon. Mengunyah jahe secara langsung juga bisa dijadikan pilihan.

Bawang Putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa mengatasi batuk? Antibakteri dan antimikroba yang terkandung dalam bawang putih mampu mengatasi batuk secara efektif. Pertama, rebus dua hingga tiga siung bawang putih lalu tambahkan 1 sdt oregano. Setelah dingin, sedikit madu dan minum air campuran itu.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *