Kayu manis bermanfaat menurunkan asam urat tinggi


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Kayu manis memiliki aroma yang khas dan mengandung antioksidan. Kayu manis bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Asam urat penyakit yang bisa menyerang siapa saja laki-laki dan perempuan. Umumnya, penyakit ini diderita seseorang yang mulai menginjak usia 30 tahun.  

Baca Juga: Segar, infused water ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi

Asam urat tinggi dipicu karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, pederita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya. 

Asal tahu saja, cukup banyak obat herbal yang dipercaya ampuh mengobati asam urat, ramuan kayu manis salah satunya. 

Kayu manis menurunkan asam urat tinggi 

Kayu manis memiliki aroma yang khas. Biasanya, kayu manis digunakan sebagai bumbu masakan. 

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif. 

Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid. Senyawa aktif tersebut berperan untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh. 

Anda ingin merasakan manfaatnya? 

Anda bisa membuat obat herbal asam urat dari kayu manis di rumah. Selain 1 buah kayu manis, Anda siapkan beberapa rempah-rempah dan daun herba lainnya yakni, jahe merah 15 gram, kapulaga 5 butir, bunga cengkeh 5 gram, daun sosor bebek 4  lembar, dan air 600 ml. 
 
Anda masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam air lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 300 ml. Anda minum obat herbal tersebut satu kali sehari selagi hangat. 

Anda sebaiknya minum ramuan herbal ini secara rutin. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 5 Minuman segar yang efektif menurunkan asam urat tinggi

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *