Kenali, inilah 5 bahaya memangku laptop bagi kesehatan


PLUSBERITA.COM – Ternyata, ada bahaya kesehatan yang mengintai bagi seseorang yang sering memangku laptop. Bahaya memangku laptop pun bermacam-macam. 

Mulai dari bisa menyebabkan sakit punggung, gangguan kulit, hingga masalah pada kesuburan. 

Untuk itu, sebaiknya jangan memangku laptop saat menggunakannya. Gunakan laptop secara wajar di atas meja atau alas lainnya. 

5 Bahaya sering memangku laptop

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Vesttech.com, berikut bahaya memangku laptop bagi kesehatan: 

1. Menyebabkan masalah punggung

Posisi yang tidak ideal dapat mengakibatkan nyeri punggung, sampai pundak dan leher. Hal ini diakibatkan terlalu sering membungkuk. 

Baca Juga: Performa bermain game menurun setelah update Windows 10? Ini solusi dari Microsoft

2. Menyebabkan ganguan pada kulit

Penggunaan laptop jangka panjang dengan cara dipangku mengakibatkan perubahan kondisi kulit menjadi kecoklatan, berbintik, dan menyakitkan. 

Selain itu, bahaya memangku laptop pada kulit yakni dapat menimbulkan bintik-bintik dan ruam akibat paparan panas dalam jangka panjang. Kondisi ini dikenal sebagai eritema ab igne (EAI). 

3. Memengaruhi kesuburan 

Memangku laptop juga dapat memengaruhi kesuburan pria hingga tidak aktif. Hal ini disebut sebagai hipertemia skrotum. Laptop dapat memancarkan gelombang elektromagnetik, apalagi tersambung ke internet tanpa kabel seperti wifi.

Karena dekat dengan sistem reproduksi, memangku laptop juga dapat menimbulkan risiko pada jumlah sperma pria dan pelepasan sel telur wanita.

Baca Juga: Microsoft perbaiki masalah FPS drop setelah update Windows 10, main game makin ngacir



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *