7 Manfaat rumput laut yang menakjubkan


PLUSBERITA.COM – Manfaat rumput laut sudah dikenal luas sejak zaman dulu kala. Orang Romawi menggunakan rumput laut yang dijadikan tepung sebagai obat luka bakar dan ramuan obat lainnya.

Di Asia Timur seperti Jepang dan China, rumput laut sudah biasa dipakai untuk olahan makanan. Itu sebabnya, banyak makanan di sana yang berasal dari olahan rumput laut, seperti onigiri dan sushi.

Rumput laut sendiri masuk dalam keluarga ganggang yang biasanya berwarna hijau, cokelat, dan alga merah. Tidak hanya mempunyai rasa yang unik, kandungan gizi rumput laut cukup beragam.

Apa saja manfaat rumput laut?

Baca Juga: Dukung rantai bisnis produk perikanan, Kemendag optimalkan pemanfaatan SRG

7 Manfaat rumput laut

Berikut ini 7 manfaat rumput laut yang menakjubkan sebagaimana dikutip dari Healtline:

1. Mendukung fungsi tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh.

Tiroid sangat bergantung pada yodium untuk memproduksi hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher seiring waktu.

Dalam sehari, tubuh setidaknya menerima asupan yodium sebanyak 150 mdg. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap sejumlah yodium terkonsentrasi dari laut. Kandungan yodiumnya sangat bervariasi tergantung pada jenisnya, tergantung lokasi dan cara budidayanya.

2. Kaya vitamin dan mineral

Mencampur rumput laut dalam olahan makanan tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa dan tekstur agar lebih lezat, namun juga bisa memperkaya asupan nutrisi. Setiap satu sendok tepung rumput laut kering atau sebanyak 7 gram mengandung kalori, karbohidrat 1,7 gram, lemak 0,5 gram, dan serat 0,3 gram.

Dalam porsi yang sama, terdapat kandungan riboflavin, zat besi, mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium.

Protein yang ada di beberapa rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, mengandung semua asam amino esensial. Ini berarti manfaat dari rumput laut dapat membantu memastikan tubuh mendapatkan berbagai macam asam amino,

Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik. Faktanya dalam sebuah studi, rumput laut hijau dan ungu kering mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar.

Baca Juga: Petani Indonesia menang gugatan tumpahan minyak Montara, ini detail kasusnya

3. Antioksidan

Manfaat rumput laut salah satunya yakni sebagai sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu, produksi radikal bebas yang berlebihan dianggap sebagai penyebab dari beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selain mengandung antioksidan vitamin A, C, dan E, rumput laut mengandung berbagai macam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Manfaat dari rumput laut ini telah terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Sumber serat

Bakteri usus memainkan peran yang sangat besar dalam kesehatan tubuh. Diperkirakan ada lebih banyak sel bakteri di tubuh daripada sel manusia.

Ketidakseimbangan dalam bakteri usus “baik” dan “buruk” ini dapat menyebabkan berbagai penyakit. Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus.

Serat ini bisa mencapai sekitar 25–75 persen dari berat kering rumput laut. Ini lebih tinggi dari kandungan serat kebanyakan buah dan sayuran. Serat dapat menahan pencernaan dan digunakan sebagai sumber makanan untuk bakteri di usus besar.

Baca Juga: Jelang panen padi, KBI dorong pemanfaatan resi gudang

5. Menurunkan berat badan

Manfaat rumput laut rupanya sangat efektif untuk usaha penurunan berat badan. Rumput laut mengandung banyak serat yang tidak mengandung kalori. Serat dalam rumput laut juga bisa memperlambat pengosongan perut. Ini membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar.

Rumput laut juga dianggap memiliki efek anti obesitas. Secara khusus, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa zat dalam rumput laut yang disebut fucoxanthin dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

6. Mengurangi risiko serangan jantung

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, dan kelebihan berat badan.

Menariknya, rumput laut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah.Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Peneliti juga mulai menemukan senyawa protein peptida dalam rumput laut. Studi awal pada hewan menunjukkan bahwa struktur protein ini dapat memperlancar tekanan darah di area yang mengalami sumbatan.

7. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat rumput secara alami bisa mengurangi risiko diabetes. Diabetes adalah masalah kesehatan yang sangat lazim ditemui. Sebuah studi delapan minggu pada 60 orang Jepang mengungkapkan bahwa fucoxanthin, zat dalam rumput laut coklat, dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Terlebih lagi, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah diberi makan makanan tinggi gula. Diperkirakan bahwa alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *