mengobati pilek sampai radang lambung


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Kencur, rempah-rempah yang populer di tanah air. Sering diolah menjadi jamu, ini 5 manfaat kencur untuk kesehatan. 

Anda penggemar jamu tradisional? 

Baca Juga: 7 Manfaat lada hitam untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai mencegah kanker

Anda pasti sudah tidak asing dengan kencur. Ya, kencur dikenal sebagai empon-empon yang kerap dijadikan jamu. 

Kencur cukup mudah dijumpai di pasar tradisional dan pasar modern. Sedangkan untuk tanaman kencur banyak ditemukan di pekarangan atau kebun. 

Maklum saja, kencur masuk dalam daftar Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Melansir dari buku berjudul Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing, kencur mengandung minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, dan pati. 

Selain itu, kencur juga memiliki efek farmakologis sebagai penghilang rasa sakit alias analgetik, antibatuk, peluruh dahak, dan meningkatkan nafsu makan. 

Hal itu membuat kencur dipercaya berkhasiat sebagai obat herbal penumpas banyak penyakit. 

Manfaat kencur untuk kesehatan

Dari seluruh bagian tanaman kencur, rimpang kencur yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Daging rimpang kencur berwarna putih dan memiliki aroma yang khas. 

Berikut ini manfaat kencur sebagai obat herbal

1. Rematik dan pegal linu 

Rematik bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Kencur kaya akan minyak atsiri dan antioksidan yang dipercaya efektif sebegai obat herbal rematik. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus 10 gram-30 gram kencur sampai mendidih. Setelah hangat, Anda minum air rebusan kencur secara sekaligus. 

2. Batuk 

Kencur memiliki efek farmakologis antibatuk. Hal inilah yang membuat kencur dipercaya efektif meredakan batuk. 

Melansir dari buku berjuduk Daftar Tanaman Obat Indonesia & Khasiatnya, karya Nafan Akhun, Anda cukup menyiapkan 1 buah rimpang kencur. 

Anda cuci bersih rimpang kencur setelah itu parut. Anda tambahkan satu cangkir air hangat lalu peras. Anda minum air perasan kencur dengan tambahan sedikit garam. 

3. Diare 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat menderita diare. Maklum saja, diare membuat tubuh menjadi lemas karena kehilangan banyak cairan tubuh. 

Kencur efektif sebagai obat herbal untuk diare, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia. 

Cara membuat obat herbal unduk diare dari kencur cukup mudah. Anda sediakan kencur 2 buah, garam secukupnya, dan air hangat satu cangkir.  

Anda cuci kencur di bawah air mengalir. Anda parut kencur lalu tambahkan air hangat dan garam. Setelah itu Anda peras dan saring. Anda balurkan ramuan herbal tersebut di atas perut. 

4. Perut kembung dan radang lambung 

Kencur dipercaya efektif untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, salah satunya perut kembung dan radang lambung. 

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup merebus 10 gram – 30 gram kencur dengan air sampai mendidih. Setelah hangat Anda minum air rebusan kencur secara sekaligus. 

5. Melancarkan haid 

Anda sering mengalami haid tidak lancar? Kencur bisa jadi solusinya. Untuk merasakan manfaatnya Anda siapkan 2 buah kencur sebesar ibu jari, daun trengguli 1 lembar, biji cengkeh 2 buah, dan adas pulawaras secukupnya. 

Anda rebus semua bahan dengan satu liter air sampai mendidih. Setelah itu Anda saring dan dinginkan. Anda minum obat herbal tersebut dua kali sehari.  

6. Pilek 

Kencur juga bermanfaat mengobati kencur. Anda cukup mengonsumsi kencur secara langsung. 

Sekedar info, makan kencur metah tidak memberikan efek samping untuk kesehatan. Dengan catatan, Anda tidak mengonsumsi kencur secara berlebihan. 

Baca Juga: Ini efek samping dan manfaat sereh untuk kesehatan tubuh

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *