7 Penyebab uban muncul di usia muda, sebagian besar bisa dicegah


PLUSBERITA.COM – Jakarta. Rambut putih atau uban biasanya muncul saat usia tua. Namun, saat ini banyak orang usia muda sudah muncul uban. Kenali penyebab uban di usia muda.

Perubahan warna rambut dari warna aslinya menjadi abu-abu atau putih sebenarnya cukup alami. Dilansir dari Healthline, tubuh memiliki folikel rambut. Folikel ini berupa kantung kecil yang melapisi sel kulit.

Di dalam folikel, terdapat sel pigmen bernama melanin yang bisa memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia dan perubahan kondisi tubuh, folikel bisa kehilangan pigmen. Sehingga, rambut jadi memutih atau beruban.

Rambut putih atau uban memang jamak menjadi tanda penuaan. Tapi, uban sebenarnya bisa muncul di usia berapa pun.

Bahkan saat kalian masih duduk di bangku sekolah menengah atau kuliah. Berikut beberapa penyebab uban tumbuh di usia muda:

1. Genetika

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang pertama adalah faktor genetika. Faktor genetika atau keturunan memainkan peran yang besar terkait pertumbuhan uban.

Jika kalian memiliki orangtua atau kerabat yang ubanan di usia muda, besar kemungkinan rambut kalian juga memutih lebih cepat dibandingkan sebaya lainnya.

Baca juga: Cari perawatan rambut rontok? Coba 4 bahan alami ini

2. Efek bahan kimia pada produk perawatan rambut

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang kedua adalah bahan kimia. Melansir Medical News Today, paparan sejumlah bahan kimia dalam produk perawatan rambut seperti sampo sampai pewarna rambut dapat memicu uban tumbuh lebih dini.

Salah satu bahan kimia yang bisa merusak rambut adalah hidrogen peroksida. Bahan kimia ini apabila digunakan secara berlebihan bisa mengurangi produksi melanin, sehingga rambut putih bisa muncul di usia muda.

3. Kekurangan vitamin B-12

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang ketiga adalah karena tubuh kekurangan vitamin B-12. Uban pada remaja atau rambut putih di usia muda juga bisa disebabkan kekurangan vitamin B-12.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam tubuh, termasuk memberikan pasokan energi dan menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia pernisiosa.

Akibatnya, produksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke sel rambut jadi terhambat. Kurangnya asupan oksigen ke rambut dapat melemahkan sel rambut dan mengurangi produksi melanin biang ubanan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *