5 Bahan ini efektif jadi cara menghilangkan bau keputihan


PLUSBERITA.COM – JAKARTA. Keputihan merupakan hal yang biasa dialami oleh wanita. Namun, hal itu bisa jadi masalah jika keputihan yang keluar terlalu banyak. Cara menghilangkan bau keputihan perlu segera Anda coba supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Ada banyak fungsi keputihan yang perlu Anda ketahui. Lendir yang keluar berguna sebagai pelumas, mencegah infeksi dan iritasi, serta menjaga area kewanitaan agar tetap sehat. Biasanya, ada gejala lain yang juga Anda rasakan saat keputihan yang keluar terlalu banyak dan berbau.

Mulai dari muncul rasa gatal, warna keputihan berubah menjadi hijau atau kuning, dan muncul rasa sakit di perut bagian bawah. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Selain menggunakan obat keputihan di apotik, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami.

Nanas

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), nanas bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keputihan. Jenis buah itu memiliki kandungan gula dan enzim yang tinggi sehingga bau keputihan bisa hilang. Cobalah untuk mengonsumsi dua gelas jus nanas setiap hari. Seiring berjalannya waktu, bau tidak sedap akan berkurang.

Baca Juga: Jangan salah, inilah beragam tanda hamil 2 minggu

Daun Sirih

Cara menghilangkan bau keputihan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Bahan alami itu mengandung astringen alami dan antibakteri sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus beberapa lembar daun sirih dalam air selama minimal 10 menit lalu diamkan supaya air rebusan daun sirih lebih dingin. Selanjutnya, celupkan tampon pada air rebusan itu lalu gunakan tampon selama 15 menit.

Bawang Putih

Bawang putih bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau keputihan.

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat keputihan herbal, lo. Bau menyengat dan antibakteri yang terkandung dalam bawang putih bisa mengatasi masalah keputihan secara efektif. Meski demikian, Anda perlu menghentikan pemakaian jika muncul sensasi terbakar atau iritasi.

Kunyit

Stylecraze merekomendasikan kunyit sebagai bahan alami lain yang berguna mengatasi keputihan. Bahan alami itu memiliki banyak antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan kunyit.

Pertama, konsumsi kunyit yang kulitnya sudah dikupas dan dibersihkan di pagi hari. Kedua, Anda bisa mencampur 1 sdt bubuk kunyit dalam satu gelas susu hangat. Minum susu tersebut setiap sebelum tidur di malam hari. Selain mengatasi keputihan, mengonsumsi kunyit juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Perhatikan gejala dan tanda terkena kanker serviks

Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan bau keputihan selanjutnya adalah dengan memakai daun jambu biji. Caranya, rebus empat hingga lima helai daun jambu biji dalam 1 L air. Konsumsi air rebusan itu setiap sebelum sarapan. Anda bisa melakukannya sebanyak dua hari sekali.

Selain mengurangi bau tidak sedap akibat keputihan, daun jambu biji juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam daun jambu biji. Misalnya, antioksidan, antimikroba, dan antibakteri.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *