Gunakan 5 bahan alami ini untuk mengatasi wajah berminyak


PLUSBERITA.COM – Wajah berminyak bisa membuat risiko kemunculan jerawat, komedo, dan masalah kulit lain meningkat. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, ada banyak cara mengatasi wajah berminyak yang bisa Anda coba praktikkan.

Mengutip dari Greatist, sampai saat ini belum bisa dipastikan apa yang menyebabkan seseorang memiliki wajah berminyak. Namun, gen dan faktor lain bisa jadi salah satu faktor pemicu. Misalnya, perubahan hormon saat siklus menstruasi dimulai.

Cuaca yang panas, usia, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji juga bisa memperbanyak produksi minyak kulit.

Selain mengatur beberapa hal yang bisa dikontrol, cara menghilangkan minyak di wajah juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Madu

Madu adalah bahan alami pertama yang bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi kulit berminyak. Selain mengurangi produksi minyak, madu juga efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit yang lain.

Bahan alami tersebut memiliki banyak antibakteri dan dapat mengunci kelembaban kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah.

Oleskan madu pada seluruh wajah lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

Baca Juga: Cara gunakan oatmeal untuk perawatan wajah

Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selain mengurangi produksi minyak, lidah buaya juga mampu menyembuhkan luka di kulit dengan lebih cepat.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya setiap sebelum tidur.

Putih telur

Tahukah Anda bahwa putih telur bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi wajah berminyak? Selain mengurangi minyak, putih telur juga efektif mengencangkan kulit sehingga kerutan halus dan tanda penuaan yang lain bisa berkurang.

Oatmeal

Greatist merekomendasikan oatmeal sebagai cara mengatasi muka berminyak selanjutnya yang sebaiknya Anda coba. Bahan tersebut mampu menyerap produksi minyak berlebih dan berperan sebagai eksfoliator.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena menggunakan oatmeal tidak akan membuat kulit iritasi. Sebab, ada kandungan antiinflamasi dalam oatmeal.

Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Aplikasikan masker yang sudah direbus pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab supaya kondisi kulit semakin terjaga.

Baca Juga: 5 Masker untuk menghilangkan bruntusan dari bahan alami

Tomat

Tomat bisa digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan tomat. Vitamin B, antioksidan, dan berbagai macam nutrisi lain yang terkandung dalam tomat mampu menjaga kesehatan kulit secara efektif.

Pertama-tama, campur tomat dan oatmeal sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasikan campuran itu pada wajah selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air.

Tak hanya mengurangi produksi minyak, masker alami untuk kulit berminyak juga mampu membersihkan sel kulit mati dan mencegah tanda penuaan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *